Tuesday, July 3, 2012

Cara Pasang Lampu Rem F1 (stop lamp f1) di Toyota Avanza


Kali ini ane lagi gak ada stok desain gan, yaudah ane ngepost kerjaan ane hari minggu kemarin :)


F1 Stoplamp ato kalau dalam bahasa jawa disebut F1 Breaklamp adalah lampu belakang yang biasa digunakan pada mobil Formula 1. lampu ini diwajibkan oleh regulasi F1 kalau gak salah sekitar taon 2005, tujuannya agar sewaktu balapan basah alias hujan, driver yang ada dibelakang bisa ngeliat mobil yang di depannya.

Terinspirasi dari lampu F1 tersebut, dengan nyalanya yang kedip2 sehingga bisa keliatan jelas oleh pengendara di belakang kita, sekarang telah banyak beredar aksesoris lampu yang mirip dengan lampu f1. Jadinya kalau agan mau beli, bilang aja lampu f1, pasti enciknya langsung tahu J

Karena tampilannya yang keren, ane juga tertarik buat masang tuh lampu di avanza mertua ane.. Hasil nanya ke mbah kaskus, ane nemuin lapak onlen di sini. lumayan harganya J
Karena lampu ini adalah aksesoris yang bukan oem, ditambah lagi kayaknya dibikin oleh pabrikan yang kecil, so, di bungkusnya pun tidak ada petunjuk rinci cara pemasangan lampu f1 itu..

Karena nanya ke mbah gugel juga kagak ada, akhirnya dengan modal nekat ane bongkar2 sendiri.

Alhamdulilah, dengan segala daya dan upaya serta cucuran keringat, ane berhasil masang tuh lampu J

karena ane lagi good mood, ane share ke agan-agan ni caranya, lagian juga caranya mudah kok, agan-agan pasti langsung bisa...

Bahan-bahan yang disiapkan:
1 unit lampu f1
kabel listrik 1 m (soalnya kabel standarnya pendek bgd gan)
Lembaran karet styrofoam (kayak karet sendal jepit, atau sendal juga kagak apa-apa, tapi yang udah putus, biar gak dimarahin nyokap :ngakak)

Perkakas yang disiapkan:
Gunting
isolasi
lem korea harga lima ribuan beli di lampu merah
Teh botol (biar gak dehidrasi)
Kipas (biar gak panas)
Kunci (buat mbuka baut ban cadangan)

Cara pasang lampu f1

Pertamax:
Bongkar bongkahan lampu belakang, dengan membuka 2 baut seperti di gambar
setelah baut dibuka, agan tinggal nglepas aja dengan cara sedikit ditarik ke kiri (lampu yang ane buka lampu belakang kanan)


nanti penampakannya jadi kek gini gan


Keduax:
Lampu f1 memiliki dua modus menyala, yang pertama led akan menyala terus (kayak lampu biasa) dan yang kedua akan menyala berkedip.
Tanda perbedaan modus nyala itu dapat dilihat pada kode kabel di lampu f1 itu.

Ada tiga kabel yang menjulur keluar dari lampu f1, dengan kode sebagai berikut:
1. kode = . . . . . . = artinya adalah kabel (+) dengan modus nyala kedip2
2. kode = - - - - - - = artinya adalah kabel (+) dengan modus nyala biasa
3. kode = __ __ __ __ = artinya adalah kabel (-) atau ground

Agan tinggal pilih aja,
1. kalau mau pilih lampu f1 berkedip-kedip aja sewaktu direm, kabel positif nomor 1, agan sambung ke kabel lampu rem (kabel hijau dengan garis kuning) dan lampu negatif ke ground (kabel item)

2. kalau mau pilih lampu f1 jadi lampu malam dan berkedip-kedip sewaktu direm, kabel positif nomor 1, agan sambung ke kabel lampu rem (kabel hijau dengan garis kuning) dan positif nomor 2, agan sambung ke kabel lampu malam (kabel hijau dengan garis putih/kalau gak salah) dan lampu negatif ke ground (kabel item)

3. kalau mau pilih lampu f1 nyala biasa sewaktu direm, kabel positif nomor 2 agan sambung ke kabel lampu malam (kabel hijau dengan garis putih/kalau gak salah), dan lampu negatif ke ground (kabel item)

Kalo ane mah milih yang nomor satu aja, kan ane tertarik ni lampu f1 karena kedip-kedipnya :D dan yang buat lampu malam gak ane aktifin, biar lampu lednya tetep awet, kan jarang nyala J

Buat nyambungin kabelnya, agan gak usah motong kabel aslinya, tinggal agan coak aja plastik kabelnya, biar mudah, dipanasin dulu make korek api. Abis terkelupas, sambung dah kabelnya. Jangan lupa, abis disambung, agan tutup dengan isolasi. Abis itu agan lapisin dengan lem korea, biar rapat dan aman dari risiko konslet.

Kabel yang menjulur mengarah ke lampu f1 nya agan masukin lewat lubang bagian bawah lampu asli di dalam bemper belakang. Lubang itu bolong sampe ke bawah (bemper belakang bagian bawah tengah / posisi ideal buat pasang lampu f1)


Ketigax
Lepas ban cadangan dengan mengendorkan baut di pinggir belakang kabin belakang, kayak di gambar. Setelah dikendorin, agan tinggal angkat sedikit ban cadangan dan lepaskan pengaitnya, otomatis ban cadangan akan lepas.


Keempax
Sekarang kabel yang menjulur dari atas, yang udah disambung ke kabel lampu asli, agan sambung juga ke lampu f1, jangan lupa lagi harus di isolasi dan lapisi dengan lem.


Kelimax
Sekarang tahapan masang lampu f1 ke ujung bawah bemper belakang. Jangan lupa harus persis di tengah biar cakep.

Awalnya ane pasang langsung ke ujung bemper dengan mengaitkan braket lampu f1 dan ane langsung kencengin bautnya. Ternyata, cara itu beresiko besar gan, soalnya, bahan pembuat braketnya itu cuman lempengan alumunium yang tipis bgd, jadinya gampang dilipat. Otomatis juga kalau cuman di kencengin make baut, braketnya bakal gampang longgar dan bisa-bisa gampang jatuh.

Ada sih cara sederhana biar lampu f1 terpasang kuat, yaitu dengan cara mengebor bemper, tapi ane rasa agan-agan pasti gak setuju,, sayang ama bempernya...

Oleh karena itu, sehabis ane puter otak ane yang pas pasan ini, ane ambil lembaran karet yang mirip karet sendal jepit, ane potong seukuran braket lampu f1, abis itu ane tempel make lem korea ke bagian dalam bemper. Abis itu, ane kasih lem korea juga ke braket lampu f1, dan baru ane tempel ke atas lembara karet itu. Tunggu sampai kering, baru bautnya dikencengin,, ane jamin bakal kuat dah..

Kenamx
Langkah terakhir, tinggal rapiin kabel penghubungnya, jangan sampai menjulur keluar. Agan kasih selotip besar aja dan tempel di bagian dalam bemper.


Nih hasil kerja ane gan... lumayan jadi keren kalau rem diinjek,, tapi sayang sewaktu ane nyetir, ane kagak bisa ngaliat L

Sori, gambar agak aneh,, garasi berantakan, n pengaman bemper agak miring... tapi yang penting ane dah sukses masang lampu f1 sendiri :hore
Agan pasti juga bisa...

Btw, dah mirip kayak yang ini kan gan?? :D